Mata Kuliah ini membahas tentang ruang lingkup program kegiatan yang memberikan pengalaman belajar untuk meningkatkan kemampuan profesional guru SD dalam mengelola pembelajaran di SD.
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat :
(1) Menemukan kelemahan atau permasalahan dalam pembelajaran yang dilakukan melalui refleksi.
(2) Menemukan alternatif solusi permasalahan dalam pembelajaran dan merumuskannya dalam bentuk PTK yang dilakukan dalam penyelenggaraan pembelajaran di kelas.
(3) Refleksi pelaksanaan perbaikan kelemahan dan atau meningkatkan mutu pembelajaran yang dilakukan berdasarkan PTK siklus I.
(4) Melaksanakan perbaikan kelemahan dan atau meningkatkan mutu pembelajaran yang dilakukan berdasarkan PTK dalam penyelenggaraan pembelajaran di kelas.
(5) Menyusun laporan perbaikan kelemahan dan atau meningkatkan mutu pembelajaran yang dilakukan berdasarkan PTK dalam penyelenggaraan pembelajaran di kelas untuk 1 mata pelajaran eksak dan 1 mata pelajaran non eksak.
(6) Memperbaiki laporan PTK dalam penyelenggaraan pembelajaran di kelas untuk 1 mata pelajaran eksak dan 1 mata pelajaran non eksak dan mempertanggung-jawabkan keputusan atau tindakan perbaikan pembelajaran yang dilakukan secara ilmiah, dan dapat disampaikan secara lisan atau tulisan.
(7) Review ketercapaian kompetensi dasar nomor 1 s.d. 6
Bagi tutor, memerlukan perencanaan yang matang dalam memandu dan membimbing mahasiswa untuk menyelesaikan mata kuliah PKP, sehingga diperlukan perencanaan yang matang. Oleh karena itu setiap tutor diwajibkan untuk mempersiapkan perangkat tutorial meliputi:
1. Peta Kompetensi mata kuliah PKP
2. Matriks Aktivitas Tutorial (MAT) mata kuliah PKP
3. Rancangan Aktivitas Tutorial (RAT)mata kuliah PKP
4. Catatan Tutorial (CATUT)mata kuliah PKP
5. Format Laporan PKP
6. Tanda Terima Laporan PKP
CONTOH LAPORAN PKP (SELENGKAPNYA)